Search
Close this search box.

IAIBAFA Mengadakan Seminar Eksklusif Digital Marketing

Pada Kamis (08/05/2025), Program Studi Ekonomi Syari’ah (ES) Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) mengadakan Acara Seminar Ekslusif Digital Marketing. Bertempat di Auditorium Lt. 2 Gedung Timur. Acara diikuti oleh mahasiswa dan beberapa tamu undangan. Acara dihadiri Bapak Salim Ashar S.Ag., M.Si., selaku Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam dan Bapak Dr. Moch. Nurcholis, M.H. Selaku Wakil Rektor I IAI Bani Fattah.

Bapak Salim Ashar S.Ag., M.Si memberikan sambutan dalam acara ini, beliau mengatakan “Seminar ini sangat penting bagi kita semua, ssesuai dengan judul seminar hari ini “Digital marketing” bahwa dengan adanya perkembangan zaman ini, kita harus mampu bagaimana di kenal dan mampu memberikan dampak yang positif terhadap banyak orang, tentunya dengan keilmuan yang berpedoman pada keislaman. Tomi Robin (seorang komposer dan animator): “Investi terbesar di dunia adalah Bagaimana kita bisa inves terhadap keilmuan”, Bahkan dari zaman Rosululloh SAW sekalipun. Seperti yang didawuhkan Beliau: ” مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ. Barang siapa yang menginginkan dunia, maka hendaklah dengan ilmu. Barang siapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Acara ini dinarasumberi oleh Bapak Khoirul Umam, S. Kom. M. M. dan dimoderatori oleh Bapak Syamsul Mu’arif, M. Hi. selaku Kaprodi Ekonomi Syari’ah, dan dihadiri juga oleh Bapak Dr. H. Sofwan Jauhari. Lc. M. E. selaku dosen dari Prodi Eonomi Syari’ah.

Seminar ini bertujuan untuk membekali pengetahuan para mahasiswa terkait pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta mengenai strategi pemasaran di dunia digital, dan juga membangun jaringan atau networking yang professional. Ada beberapa bentuk digital marketing antara lain; Search Engine Optimization (SEO), Content Marketing, Social Media Marketing, Email Marketing, Influencer Marketing, dan Affiliate Marketing. Dan yang menduduki tingkat tertinggi dalam digital sosial media marketing adalah Instagram dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan. Kemudian narasumber hari ini memberikan banyak materi yang sangat penting, salah satu yang beliau katakan: “Salah satu standar kualitas marketing bernilai tinggi, adalah dinilai dari bagusnya tampilan luar (kemasan, strategi pemasaran) dan juga isi”.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar dan penuh antusias. Juga akan disusul dengan sesi kelanjutan di pertemuan yang akan datang, yakni workshop atau pelatihan. Dan acara ditutup dengan penandatanganan MOU oleh wakil rektor 1 dan Bapak Narasumber, dilajutkan sesi foto bersama para dosen dan seluruh peserta, kemudian diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Dr. H. Sofwan Jauhari. Lc. M. E.

Harapan kedepannya dari adanya seminar digital marketing ini adalah bagaimana kita mampu menyebarkan kebaikan-kebaikan yang bernilai positif di era perkembangan zaman ini. Melalui penyebaran marketing berbasis dakwah.

Red: Nafakhatus Sakhariyah (HKI)

Facebook
Twitter
LinkedIn