PBAK 2021: “Moderasi, Akademisi dan Santri”

04/09/2021

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 baru saja terselenggara di Aula Kampus Institut Agama Islam (IAI) Bani Fattah Jombang.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB tersebut di ikuti oleh Rektor IAIBAFA, Dr. KH. Abdul Kholik Hasan, M. Pd.I, jajaran wakil rektor, dosen serta seluruh mahasiswa baru (MABA) Institut agama islam bani Fattah jombang tahun akademik 2021-2022.

Ketua acara kegiatan ini menyampaikan bahwa agenda ini dilaksanakan untuk mengenalkan bagaimana budaya akademik kampus di lingkungan pesantren sehingga sesuai dengan motto IAIBAFA, menjadi santri yang akademisi dan akademisi yang santri.

“Kami berharap acara ini bisa maksimal dan membekas di dalam hati para peserta. Sehingga apa yang kita lakukan kedepannya, secara bersama-sama bisa berjalan dengan sebaik mungkin”. Lanjut beliau.

Rektor Institut Agama Islam (IAI) Bani Fattah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa betul-betul ingin menjadikan kampus ini proposional. “Sehingga nanti tidak di dominasi oleh kaum laki-laki, tapi kaum perempuan harus juga hebat. Hari ini di hadiri oleh dua laki-laki hebat dan besok juga akan di hadiri oleh perempuan-perempuan hebat. Beliau adalah Ibu Prof. Dr. Hj. Zumrotul Mukaffa, M.Ag. dan Ibu Nyai Hj. Bashirotul Hidayah, M.Pd.I”.

Sebagai narasumber PBAK, Dr. KH. Ainur Rofiq Al-Amin, SH, M. Ag. (dosen UIN Sunan Ampel Surabaya) dan Bapak Ahmad Syamsul Rizal (Katib PCNU Jombang/Instruktur PKPNU PBNU). Dengan tema besar “Menyemai nilai-nilai moderasi beragama di Indonesia bagi mahasiswa PTKI berbasis pesantren” materi yang beliau sampaikan tampaknya begitu menarik sehingga peserta antusias mengikuti dan mencatat materi yang dipaparkan.

“Jadi banyak tahu, Mas. Ternyata apa yang kita bahas di dunia perkuliahan sangat luas dan menarik. Terlebih saya sangat suka hal-hal berbau sejarah baik kenegaraan maupun agama”. Begitu ungkap Akmal, MABA prodi HKI.