Workshop Pengelolaan Perpustakaan PTAIS

Workshop Pengelolaan PerpustakaanIAIBAFA – Sabtu 30 September 2014, Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Jombang mengirimkan delegasi untuk mengikuti Workshop Pengelolaan Perpustakaan berbasis Teknologi Informasi (Otomasi dan Literasi). Kegiatan ini diadakan oleh Kopertais Wil. IV Surabaya di Hotel Oval Surabaya. Workshop yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 30 September s.d. 2 Oktober ini diikuti oleh 60 orang pengelola perpustakaan PTAIS di lingkup Kopertais Wil. IV Surabaya. Dari 60 PTAIS yang diundang sekitar 5 PTAIS sudah menerapkan otomasi perpustakaan, salah satunya adalah IAI Bani Fattah Jombang.

Kegiatan Workshop Pengelolaan Perpustakaan ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Abd. A’la, M. Ag. selaku Koordinator Kopertais Wil. IV Surabaya. Dalam kesempatan itu beliau berharap, perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi, mampu menyalurkan darah-darah keilmuan pada civitas akademika.Workshop ini juga dihadiri oleh Kasi Sarana Prasarana PTAIS Diktis Kemenag RI, Bpk. Drs. H. Abd. Adhim, M. Ag.dan Tim Pengelola Perpustakaan UIN Sunan Ampel.

Materi yang diberikan meliputi (1) Upaya Peningkatan Mutu PTAIS melalui Optimalisasi Peran Perpustakaan, (2) Kebijakan Kemenag RI dalam Pengembangan Sarana Prasarana Perpustakaan PTAIS, (3) Pengeloaan Perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis Teknologi Informasi, (4) Klasifikasi dan Katalogisasi dengan Fasilitas Z3950 dan e-DDC, (5) Strategi Penelusuran Informasi Ilmiah Online, (6) Mengelola Referensi Research, (7) Desain Pengembangan Perpustakaan PTAIS.

Secara umum, antusiasme peserta dalam mengikuti workshop sangat baik. Peserta juga mengharapkan waktu pelaksanaan praktek diperbanyak agar pengelola perpustakaan lebih menguasai otomasi dan literasi.

 

Leave a Reply