Deskripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)  Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Tambakberas Jombang adalah Program Studi yang berbasis peningkatan, pengembangan dan penyebar luasan cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang berhubungan Pendidikan dengan tetap memasukkan nilai-nilai moral, budaya, dan syariah Islam An Nahdliyah serta perpaduan atau integrasi ilmu-ilmu pengetahuan yang berdasarkan pengalaman manusia (human sciences) dan ilmu-ilmu yang diwahyukan (reveal knowledge), khususnya dalam bidang Pendidikan Dasar / Ibtidaiyah.

Visi
Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)  sebagai pusat pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang bercirikan tradisi santri dan berparadigma Ahlussunnah wal Jamaâ??ah dengan  keunggulan kompetitif yang mampu beradaptasi dengan masyarakat.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang sistematis dan terprogram dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Membangun dan mengembangkan serta menyebarluaskan kemampuan keilmuan, khususnya pendidikan dan pengajaran di tingkat ibtidaiyah untuk kepentingan agama dan masyarakat.
  3. Menghasilkan produk penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk memperkaya khazanah keilmuan Islam.
  4. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kepribadian Islam yang tercermin pada cara berfikir dan perilakunya.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam upaya pemberdayaan potensi umat.