PKPT IPNU-IPPNU IAIBAFA Gelar Makesta Perdana

PKPT IPNU-IPPNU IAIBAFA Gelar Makesta Perdana, Diikuti Puluhan Peserta

Jombang, Puluhan kader muda Nahdlatul Ulama (NU) antusias mengikuti acara Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Acara tersebut berlangsung pada tanggal 1-2 Februari 2022 di auditorium Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) Tambakberas Jombang. Acara tersebut berlangsung sangat meriah dan sukses.

“Acara ini merupakan salah satu program kerja dari organisasi Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU IAIBAFA yang bertujuan membentuk dan menciptakan kader Nahdlatul Ulama (NU) yang militan,” jelas Wakil Rektor III IAIBAFA, Hj Nur Arifah.

Menurutnya, Makesta ini merupakan yang perdana yang dilaksanakan oleh PKPT IPNU-IPPNU IAIBAFA dan dihadiri oleh Pimpinan Wilayah IPNU-IPPNU Jawa Timur, Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Jombang, dan PKPT dari berbagai kampus di Jawa Timur.

“Kegiatan ini diikuti peserta internal yaitu mahasiswa IAIBAFA dan Pimpinan Komisariat Madrasah Aliyah (PKMA),” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pemateri dalam kegiatan ini Muhammad Fajrul Falah menjelaskan Makesta tersebut membahas lima materi pokok yang meliputi ke-Aswaja-an, ke-NU-an, administrasi, Ke-IPNU IPPNU-an, leadership, keorganisasian, Wawasan Kebangsaan, Ke PKPTan, dan kemahasiswaan serta ke-IAIBAFA-an.

Setelah mendapatkan lima materi, puluhan peserta diuji tentang pemahamannya terkait materi tersebut. Kemudian dilakukan pembaiatan sebagai bentuk sumpah setia pada organisasi NU yang artinya para peserta MAKESTA siap untuk terus menjaga, mengamalkan, dan meneruskan perjuangan para masyayikh NU.

“Jagalah amaliyah nahdliyah dan komunikasi dengan para ulama NU agar kalian bisa menjaga prinsip-prinsip NU di manapun kalian berada,” pungkasnya.

(Naily/Sania)